Wednesday, October 10, 2018

Manfaat Dari Pelatihan dan Training Ahli K3 Umum

Manfaat Dari Pelatihan dan Training Ahli K3 Umum



Saat ini keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) menjadi isu penting dalam skala nasional maupun internasional. Perusahaan yang ada di indonesia sudah diwajibkan untuk menerapkan persyaratan Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3). K3 bukan lagi hanya milik perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, konstruksi, manufaktur, maupun minyak dan gas akan tetapi sudah merambah ke semua sektor bisnis dan berbagai macam perusahaan. Kedepannya profesi di bidang K3 akan menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Pengetahuan tentang K3 bukan hanya menjadi kewajiban bagi karyawan di bidang K3 kini juga sudah menjadi kewajiban bagi seluruh karyawan. 

Sertifikasi dan penunjukkan sebagai ahli k3 umum merupakan bagian dari program pemerintah untuk dapat mengurangi kecelakan dan penyakit di dunia kerja, sehingga dapat menciptakan dan meningkatkan keamanan saat bekerja, serta profit dan juga image positif bagi perusahaan yang menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja. Tata cara mengenai penunjukkan ahli K3 umum telah di atur di permenaker no. 2 tahun 1992, bahwa setiap perusahaan yang mempunyai karyawan 100 orang atau lebih dan juga memiliki resiko pekerjaan yang tinggi wajib memiliki P2K3 dan juga minimal seorang ahli K3 umum. 

Ahli K3 adalah tenaga kerja teknik berkeahlian khusus dari luar Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang ditunjuk oleh Menteri Tenaga Kerja untuk Mengawasi ditaatinya Undang - Undang Keselamatan Kerja. Ahli K3 umum adalah kepanjangan tangan dari pemerintah dalam mengawasi pekerjaan ditempat kerjanya, agar sesuai dengan persyaratan perundang undangan yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga dapat mengurangi resiko dan insiden, baik itu kecelakaan maupun penyakit akibat kerja. Setelah lulus dari sertifikasi ini individu akan memiliki wewenang yang telah diakui secara legal untuk menjadi Ahli K3 di tempat kerjanya. 

Memiliki tenaga ahli yang telah tersertifikasi Ahli K3 Umum merupakan kewajiban dari perusahaan. Apabila perusahaan yang tidak memiliki ahli K3 wajib untuk mengirim salah satu perwakilan karyawan untuk mengikuti pelatihan K3 umum dan mendapatkan sertifikasi. Selain biaya investasi training ahli k3 umum yang tidak cukup murah, resiko kehilangan karyawan misalnya resign juga menjadi pertimbangan perusahaan dalam mengeluarkan biaya untuk sertifikasi ini, sehingga dalam proses recruitment, dengan kompetensi yang sama namun memiliki perbedaan dalam hal sertifikasi, akan lebih menuntungkan jika perusahaan merekrut individu yang telah tersertifikasi Ahli K3 Umum. 

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh oleh individu yang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya adalah dalam menunjang promosi jabatan di perusahaan sebelumnya atau modal untuk mencari pengalaman yang lebih luas dengan jabatan yang berbeda di perusahaan baru. Jelas bahwa, mengikuti program pembinaan Ahli K3 Umum merupakan investasi bagi setiap individu baik yang telah menjadi bagian dari Praktisi K3 (HSE Profesional) maupun bagi individu yang ingin menjadi bagian dari keluarga K3. 

Demikianlah informasi mengenai manfaat dari pelatihan dan training ahli k3 umum yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 



About Author

Sabrina Maryam
Sabrina Maryam

Author & Editor

Im pretty.

0 comments:

Post a Comment